Tuesday, April 11, 2017

Ternyata Ini Perbedaan Antara, Butter, Margarin Dan Mentega? SILAHKAN SHARE..!

Resep Kue Komplit - Apa perbedaan butter, margarin dan mentega? Pertanyaan seperti ini kerap kali muncul dari kalangan ibu-ibu muda yang sedang belajar memasak. Sebenarnya baik itu margarin, Mentega, Butter, Ketiganya sama-sama digunakan sebagai bahan untuk membuat kue. Namun, tentu ketiganya juga memiliki fungsi yang beda dan memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing.

Nah, untuk mengetahui perbedaan Antara, Butter, Margarin Dan Mentega, ada baiknya Anda simak penjelasan dibawah ini yaa.. Biar urusanya makin jelas dan gamblang..

# Mentega. 
Gambar Mentega

Apa itu Mentega? Mentega merupakan salah satu bahan makanan yang terbentuk dari lemak yang berasal dari hewan (lemak hewani), lemak mengandung vitamin A, D, karbohidrat dan juga protein. Mentega sendiri memiliki tekstur yang sangat lembut jika Anda simpan dalam suhu ruang yang sejuk, aroma susu-nya sangat kuat dan harum.

Kelemahan dari mentega yaitu mudah mencair bila suhu meningkat menjadi hangat. Jika kita membandingkan dengan margarin, warna mentega cenderung lebih pucat atau lebih muda. Roombotter merupakan salah satu jenis mentega yang dikemas dalam kaleng. Roombotter ini memiliki aroma lebih wangi bila dibandingkan dengan mentega lain.

# Margarin.
Gambar Margarin

Apa itu Margarin? Margarin merupakan lemak yang dihasilkan dari tumbuh-tumbuhan atau yang biasa kita kenal sebagai lemak nabati. Bahan kue ini memiliki tekstur fisik yang lebih kaku dibandingkan mentega, namun tetap stabil di suhu ruang, artinya margarin tidak akan mudah mencair pada suhu ruang. Margarin sendiri memiliki warna kuning yang lebih tua bila dibandingkan mentega.

# Butter. 
Images, Photo Better Cream

Lalu, apa itu Butter? Butter sendiri terbuat dari cream (susu). Kandungannya hanya cream dan garam. Butter sangat mudah lumer bila disimpan dalam suhu ruang karena dia terbuat dari cream saja.

Itulah perbedaan antara margarin, mentega dan butter. Aroma margarin tidak seharum mentega, namun margarin memiliki daya emulsi yang baik dan menghasilkan tekstur kue yang bagus. Sedang mentega memiliki aroma yang lebih enak tapi daya emulsinya kurang sehingga bila digunakan untuk membuat kue tidak bisa memberikan tekstur yang kokoh.

Nah untuk mendapatkan kue dengan hasil yang memuaskan anda bisa mencoba mencampurkan mentega dengan margarin. Perbandingannya adalah 1:1. Dijamin tekstur kue aroma dan rasa menjadi lebih memuaskan

Semoga penjelasan tentang perbedaan antara margarin, Mentega dan Butter diatas dapat menjawab rasa penasaran yaa.. 

Kami sangat berharap artikel Ternyata Ini Perbedaan Antara, Butter, Margarin Dan Mentega? SILAHKAN SHARE..! diatas bisa bermanfaat dan bisa dipraktekin dengan mudah yaa bunda. Dibawah ini ada beberapa resep menarik lainya yang berkaitan dengan Aneka Cemilan, Info Dapur, Panduan Cara Membuat Kue, dll, silahkan diubek-ubek resep di blog ini. :)

Nah, untuk menyimpan (Bookmark) RESEPKUEKOMPLIT.COM ini ke Wall Sosial Media bunda gampang banget kok, tinggal pencet tombol "TWEET" atau "SHARE" yang ada dibawah ini otomatis resepnya bakal tersimpan disana. Happy Cooking..!