Tuesday, March 27, 2018

Resep dan Cara Membuat Kue Lampa Udang Panggang Khas Medan

Resep Lampa Udang Khas Medan - Ini adalah salah satu kue tradisional yang lezat disantap saat sore hari sebagai teman ngopi, kalau di Medan kue ini  namanya "laMpa udang" aka "pulut panggang"😊, tapii jangan salah baca yaa.. ☝πŸ˜‰, itu tulisan"(la"M"pa udang) pakai huruf "M" kakinya 3πŸ˜‰jgn salah baca, bisa salah artinya lhoo πŸ˜œπŸ˜›πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
Kue Lampa Khas Medan

Resep dan Cara Membuat Kue Lampa Udang khas Medan
================================

Bahan:

  • 500gr Beras ketan,cuci bersih dan rendam selama 30 menit aja.(kelamaan hasilnya ngak kenyalπŸ˜™)
  • 500ml santan dari 1/2bh kelapa.
  • 1sdm gula pasir.
  • 1/2sdt garam.5lbr daun pandan.

Cara membuat Kue Lampa Udang Panggang Khas Medan:

  1. Beras ketan+santan+garam+gula+daun pandan di masak sampai mendidih dan santan mengering,(jgn sampai kering kali ya...cukup hanya kering aja)..lalu pindahkan ke dlm kukusan...dan di kukus sampai matang..sambil sesekali di adukaduk supaya matangnya merata.
  2. setelah matang ketannya...ambil 1sdm/secukupnya (ukuran bsr/kcl sesuai seleraπŸ˜‹) lalu kedua tangan pakai sarung plastik...ambil 1sdm ketan lalu remas"supaya padat..baru pipihkan dan isi dgn bahan isian secukupnya...lalu tutup rapat sambil di kepal"supaya padat..baru di bungkus daun..(seperti bks lontong/sesuai selera)..lakukan hal yg sama sampai adonan ketan habis.
  3. setelah semua selesai di bungkus..lalu di panggang di atas pan yg telah di olesi dgn minyak...panggang sampai daunnya layu aja ya... 


Bahan utk isiannya Kue Lampa:

  • 250gr kelapa parut,pilih yg setengah tua,lalu di sangrai sampai berwarna kuning kecoklatan,angkat lalu di haluskan.
  • 150gr udang Ebi,di rendam..lalu di haluskan...dan di tumis hingga berwarna kuning kecoklatan..angkat.
  • 1sdt merica bubuk.3sdm gula pasir.50gr gula merah aren.1sdt garam (secukupnya).200ml santan kental.
  • Bumbu yg di haluskan:
  • 11/2sdm ketumbar.11bh bawang merah.7siung bawang putih.50gr kencur.

Cara membuat isian Kue Lampa:

  1. Tumis bumbu halus sampai wangi.. 
  2. Masukkan udang ebi yg telah di tumis.
  3. Tambahkan kelapa dan sisa bumbu lainnya...aduk"lalu test rasanya dulu...kalau sdh pass...angkat dan siap utk isian lemper.

Oke..selamat mencoba

Kami sangat berharap artikel Resep dan Cara Membuat Kue Lampa Udang Panggang Khas Medan diatas bisa bermanfaat dan bisa dipraktekin dengan mudah yaa bunda. Dibawah ini ada beberapa resep menarik lainya yang berkaitan dengan Aneka Jajanan Pasar, Aneka Kue, Kue Tradisional, dll, silahkan diubek-ubek resep di blog ini. :)

Nah, untuk menyimpan (Bookmark) RESEPKUEKOMPLIT.COM ini ke Wall Sosial Media bunda gampang banget kok, tinggal pencet tombol "TWEET" atau "SHARE" yang ada dibawah ini otomatis resepnya bakal tersimpan disana. Happy Cooking..!