Monday, April 3, 2017

Resep Kue Lidah Kucing Anti Gagal

Kumpulan Aneka Resep Kue Komplit | Cara Membuat Kue Lidah Kucing yang Benar - Konon kue ini merupakan khas yang berasal dari negeri kincir angin (Belanda : Kattetong) kemudian oleh masyarakat kita diadaptasikan menjadi kue lidah kucing. Kue lidah kucing memilik bentuk memanjang dan tipis menyerupai lidah kucing. Tekstur rasanyajuga manis dan lembut dilidah sehingga banyak yang menyukai kue kering ini.
Dalam prakteknya, membuat jajanan kue lidah kucing ini sebenarnya sangat mudah, baik secara teknis, bahan-bahan baku yang digunakan maupun alat cetak kue yang dipakai juga sangat sederhana. Nah, yang menjadi poin penting untuk tingkat keberhasilan dalam membuat kue lidah kucing adalah pada saat proses pemanggangan.
Resep Kue Lidah Kucing
cara agar lidah kucing tidak lengket di loyang, agar cetakan lidah kucing tidak lengket

Ketika Anda memanggang kue lidah kucing sebaiknya jangan menggunakan oven dengan suhu yang terlalu tinggi, Suhu yang dianjurkan cukup 160C saja, dengan jangka waktu pemanggangan sekitar 20 menit. Apabila saat memenggang roti ini Anda mengunakan oven dengan suhu yang terlalu tinggi, maka roti lidah kucing yang Anda buat akan mudah gosong dibagian pinggirnya namun dibagian dalamnya masih lembek di tengah. Adapun alat cetak kue lidah kucing yang harus digunakan adalah loyang khusus. Lihat Video



Untuk hasil kue lidah kucing yang sempurna, Anda bisa menambahkan bahan perenyah kue kedalam adonan resep lidah kucing. Atau Anda cukup dengan perbandingan putih dan kuning telur yang tepat untuk membuat adonan lidah kucing saja hasilnya sudah bagus, Tanpa perlu bahan perenyah kue lagi.

Nah, Agar lebih jelasnya lagi tentang resep, bahan, dan bumbu kue lidah kucing ini, silahkan Anda simak resep cara membuat kue lidah kucing yang renyah dan mudah dibawah ini..

Bahan-bahan:
  1. 600 gram tepung terigu protein rendah
  2. 50 gram susu bubuk fullcream
  3. 4 butir telur, ambil putihnya saja
  4. 2 kuning telur
  5. 600 gram mentega
  6. 350 gram gula halus
  7. 1 sdt pasta vanili
  8. 2 sdm gula pasir

Proses Cara Membuat Kue Lidah Kucing :
Step 1 : Kocok mentega, gula halus, pasta vanili hingga putih pucat, tambahkan kuning telur, kocok kembali hingga adonan mengembang. 
Step 2 : Campur tepung terigu dan susu, ayak sambil dimasukkan dalam adonan telur. 
Step 3 : Kocok putih telur pada wadah terpisah hingga mengembang, masukkan gula pasir, kocok terus hingga kaku. 
Step 4 : Secara bertahap, masukkan adonan putih telur pada adonan kuning telur sambil diaduk rata menggunakan spatula. 
Step 5 : Tuangkan adonan yang sudah jadi kedalam plastik segitiga yg sudah dipasang spuit motif polos. 
Step 6 : Semprotkan adonan pada loyang khusus cetakan lidah kucing. 
Step 7 : Panggang dalam oven bersuhu 160C selama 20 menit

Setelah Anda selesai membuatnya, saatnya pengemasan. Perlu hati-hati saat mengemas kue kering lidah kucing ini, sebab kue ini mudah hancur sama seperti kue kering pada umumnya. Kue Lidah kucing ini mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama jika disimpan dalam stoples rapat. Biasanya kue kering ini mampu bertahan selama 2-3 bulan. Selamat mencoba resep kue lidah kucing ini, semoga Anda berhasil dan jangan lupa bagikan cerita masak Anda di kolom komentar ya!

Kami sangat berharap artikel Resep Kue Lidah Kucing Anti Gagal diatas bisa bermanfaat dan bisa dipraktekin dengan mudah yaa bunda. Dibawah ini ada beberapa resep menarik lainya yang berkaitan dengan Aneka Cemilan, Aneka Kue, Kue Kering, Kue Lidah Kucing, Panduan Cara Membuat Kue, Resep Kue Lebaran, dll, silahkan diubek-ubek resep di blog ini. :)

Nah, untuk menyimpan (Bookmark) RESEPKUEKOMPLIT.COM ini ke Wall Sosial Media bunda gampang banget kok, tinggal pencet tombol "TWEET" atau "SHARE" yang ada dibawah ini otomatis resepnya bakal tersimpan disana. Happy Cooking..!