Friday, November 10, 2017

Resep Sala Lauak, Gorengan Lezat Khas Kota Pariaman

Resep Sala Lauak - Sebagai daerah yang letaknya di kawasan pesisir pantai, Pariaman mempunyai banyak sekali jenis kuliner yang tidak dapat dipisahkan dari hasil lautnya. Dan yang menjadi salah satu makanan paling populer adalah sejenis gorengan yang sering disebut sala lauak. Hidangan cemilan ini cukup mudah ditemukan di wilayah Pariaman, terutama daerah dekat pantai.

Gambar Sala Lauak
Resep Sala Lauak, Gorengan Lezat Khas Kota Pariaman
Jika dalam bahasa Indonesia, kata sala bisa diartikan sebagai 'goreng', istilah ini umum digunakan untuk berbagai jenis olahan makanan yang buat dengan cara digoreng. Jadi tidak hanya jenis sala lauak ini saja, masih banyak lagi hidangan lain yang juga dinamakan sala, contohnya saja ada nasi sala, sala udang, dan sala kepiting. Sedangkan arti lauak sendiri secara sederhana berarti ikan.

Meskipun secara bahasa memiliki makna 'ikan goreng', akan tetapi sala lauak sama sekali tidak seperti apa yang kita bayangkan. Sala lauak merupakan hidangan khas yang unik berbentuk bulatan sebesar bola pingpong yang terbuat dari adonan daging ikan yang dihaluskan terlebih dahulu dan kemudian baru dicampur dengan tepung.

Adonan inilah yang kemudian dibentuk menjadi gumpalan dan kemudian digoreng hingga berubah warna menjadi cokelat keemasan. Gorengan Khas Kota Pariaman ini memiliki tekstur renyah dengan citarasa yang dominan asin dan gurih. Sedangkan aroma rempahnya berasal dari beberapa perpaduan jenis bumbu yang ditambahkan didalamnya. 


Bahan-Bahan:

  • 2 bungkus tepung beras
  • 150gr ikan asin (ikan teri 50gr) iris
  • 3 gayung air
  • 1 sdt garam 1 lembar daun kunyit di iris.
  • 1 batang daun bawang


Bumbu Sala Lauak :

  • 5 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih.
  • 1 ruas jari jahe
  • 2 ruas jari lengkuas
  • 3 ruas jari kunyit


Proses Cara Membuat Sala Lauak:

  1. Masukan semua bahan kecuali tepung, masak hingga benar-benar mendidih.
  2. Jika sudah mendidih, masukan tepung aduk hingga merata dan tidak ada butiran tepung. Dingin kan.
  3. Jika sudah dingin, bulatkan dan goreng dengan minyak panas.
  4. Balikan jika bulatan sala lauak nya sudah mengapung dan pisah-pisah jadi satu.
  5. Jika dirasa sudah benar-benar matang, angkat dan tiriskan
  6. Sala lauak siap untuk disantap dengan saus sambal kesukaan.

Kami sangat berharap artikel Resep Sala Lauak, Gorengan Lezat Khas Kota Pariaman diatas bisa bermanfaat dan bisa dipraktekin dengan mudah yaa bunda. Dibawah ini ada beberapa resep menarik lainya yang berkaitan dengan Aneka Cemilan, Aneka Kue, Panduan Cara Membuat Kue, Resep Gorengan, Resep Kue Basah, dll, silahkan diubek-ubek resep di blog ini. :)

Nah, untuk menyimpan (Bookmark) RESEPKUEKOMPLIT.COM ini ke Wall Sosial Media bunda gampang banget kok, tinggal pencet tombol "TWEET" atau "SHARE" yang ada dibawah ini otomatis resepnya bakal tersimpan disana. Happy Cooking..!