Wednesday, August 15, 2018

Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Lumer 1 Telur

Resep Kue Lumpur Kentang Lumer 1 Telur

Kue lumpur merupakan salah satu olahan khas Indonesia yang cukup populer di masyarakat. Penganan ringan ini biasa dibuat dengan bahan dasar utama santan, kentang, tepung terigu, dan telur. Untuk memunculkan aroma wangi dari kue lumpur digunakan vanila dan sedangkan untuk lebih mempercantik tampilan biasanya diberi hiasan kismis dan kelapa muda iris di permukaannya. Kue ini tergolong kue basah sehingga tidak tahan disimpan lama.
Kue Lumpur Kentang Lumer

Kue basah tradisional yang banyak dikenal dengan sebutan kue lumpur ini punya ciri khas berbentuk bundar dengan teksturnya yang lembut ketika dimakan. Variasi bahan yang biasa digunakan dalam kue ini ialah kentang. Cara penyajiannya pun menggunakan berbagai macam topping seperti kismis, kelapa, atau keju.

Cara membuat Kue Lumpur Kentang Lumer 1 Telur sangat mudah dan sederhana, cukup dengan menggunakan 1 telur saja bunda bisa membuat tekstur kue lumpur menjadi lembut dan lumer. Nah, dengan adonan dasar kue lumpur sederhana ini sangat cocok bagi bunda yang baru pertama kali ingin membuat kue lumpur atau bagi yang ingin menambah kreasi baru dari kue lumpur. Yuk coba resep kue lumpur dibawah ini..

Bahan A :
  • 250 gr kentang
  • 250 ml santan (1 bks kara + air)
Bahan B :
  • 125 gr terigu
  • 1 butir telur
  • 100 gr gula
  • 50 gr mentega (cairkan)
  • Vanili secukupnya(opsional)
  • Garam secukupnya
Topping :
  • Kismis Secukupnya
Cara Membuat Kue Lumpur dengan 1 Telur :
  1. Bahan A : Rebus kentang hingga empuk lalu blender dengan santan.
  2. Kocok telur, gula dan vanilli dengan wisk hingga gula larut. Tambahkan tepung terigu, garam dan margarine cair lalu aduk rata. Masukan Bahan A lalu aduk hingga tidak ada yg bergelindir (menggumpal)
  3. Panaskan cetakan lalu tuang adonan 1 sendok sayur atau 3/4 cetakan (jangan sampe penuh) gunakan api kecil. Tambahkan kismis lalu tutup dan tunggu hingga atasnya set. Angkat
Nah, seperti resep dan cara membuat kue lumpur seperti diatas, bunda sudah bisa membuat adonan kue lumpur hanya menggunakan 1 butir telur saja untuk membuat kue lumpur yang enak dan lembut. Jadi bisa hemat bahan kan? Selamat mencoba..!

Kami sangat berharap artikel Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Lumer 1 Telur diatas bisa bermanfaat dan bisa dipraktekin dengan mudah yaa bunda. Dibawah ini ada beberapa resep menarik lainya yang berkaitan dengan Aneka Jajanan Pasar, Aneka Kue, Resep Kue Basah, Tips Membuat Kue, dll, silahkan diubek-ubek resep di blog ini. :)

Nah, untuk menyimpan (Bookmark) RESEPKUEKOMPLIT.COM ini ke Wall Sosial Media bunda gampang banget kok, tinggal pencet tombol "TWEET" atau "SHARE" yang ada dibawah ini otomatis resepnya bakal tersimpan disana. Happy Cooking..!