Thursday, October 18, 2018

Resep Getuk Goreng Sokaraja Enak dan Praktis

Getuk Goreng Sokaraja - Getuk goreng sokaraja merupakan panganan khas dari daerah banyumas, atau yang lebih tepatnya di daerah Sokaraja Jawa Tengah.  Salah satu bahan utama yang digunakan untuk membuat Getuk goreng Sokaraja adalah Singkong atau ketela pohon. Namun selain menggunakan singkong, getuk goreng sokaraja pun dapat dibuat dari bahan ubi jalar. Sedangkan untuk getuk goreng asli Sokaraja yang dibuat dari ubi jalar terkenal dengan sebutan nama Getuk Goreng Ubi Jalar. Kedua olahan getuk goreng ini tentu saja memiliki rasa yang enak dan lezat, paling cocok dinikmati bersama minuman hangat seperti teh manis ataupun kopi dikala santai.
Cara Membuat Getuk Goreng Sokaraja

Getuk goreng sokaraja original dengan rasa klasik biasanya memiliki rasa manis legit dari gula merah atau gula jawa. namun kini getuk goreng sokaraja memiliki berbagai macam variasi rasa. diantara lainnya adalah Getuk Goreng Isi Keju, Getuk Goreng Granat, Getuk Goreng Isi Coklat, Getuk Goreng rasa duren sokaraja, Getuk Goreng Bandungan, dan aneka rasa lainnya. maka tidak aneh lagi bila Getuk Goreng Sokaraja menjadi oleh – oleh yang pas untuk diberikan sanak saudara.

Getuk Goreng Sokaraja biasanya dijual dengan harga Rp 25.000,- hingga Rp 30.000,-. dan Getuk Goreng Sokaraja ini biasanya dikemas dalam wadah berbentuk piti (keranjang kecil terbuat dari bambu yang dianyam). dari pada penasaran, yuk kita sekarang lihat bahan – bahan dan cara membuat Getuk Goreng Sokaraja di bawah ini.

Bahan:
  • 1 kg singkong
  • 250 g gula merah
  • 75 g tepung beras
  • 3 sdm terigu
  • Air
  • Garam 
  • Minyak goreng


Cara Membuat:
1. Kupas singkong kemudian buang sumbunya, lalu dipotong-potong dan direbus hingga matang.

2. Iris halus gula jawa lalu tambahkan sedikit air. Kemudian rebus hingga gula tercampur dengan air.

3. Saat panas-panas hancurkan singkong, beri gula sedikit demi sedikit sampai tercampur dengan rata.

4. Bentuk adonan menjadi bulat atau menurut selera, lalu sisihkan.

5. Campurkan tepung terigu, tepung beras, garam, dan air secukupnya hingga adonan menjadi cukup kental.

6. Panaskan minyak, celupkan getuk ke dalam adonan terigu, lalu goreng getuk singkong kedalam minyak yang cukup panas hingga warna berubah menjadi kecokelatan.

Link Daftar Resep Olahan Singkong Lezat:

Kami sangat berharap artikel Resep Getuk Goreng Sokaraja Enak dan Praktis diatas bisa bermanfaat dan bisa dipraktekin dengan mudah yaa bunda. Dibawah ini ada beberapa resep menarik lainya yang berkaitan dengan Aneka Cemilan, Aneka Jajanan Pasar, Jajanan Khas Daerah, Resep Gorengan, dll, silahkan diubek-ubek resep di blog ini. :)

Nah, untuk menyimpan (Bookmark) RESEPKUEKOMPLIT.COM ini ke Wall Sosial Media bunda gampang banget kok, tinggal pencet tombol "TWEET" atau "SHARE" yang ada dibawah ini otomatis resepnya bakal tersimpan disana. Happy Cooking..!